Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Wine Hq - Menjalankan Program Windows di Linux


winehq Wine adalah program yang berjalan di Linux yang berfungsi sebagai semacam emulator untuk menjalankan program-program Windows. Dengan adanya program ini, pengguna Linux tidak perlu merasa khawatir apabila Linux masih belum bisa menggantikan Windows dalam berbagai macam urusan, misalnya : Editing gambar, Musik, game dan lain-lain yang belum ada program penggantinya di Linux.
Struktur program ini bisa dikatakan mirip dengan Windows, setelah antum menginstall program ini, antum akan mendapatkan folder drive C, Program files sama seperti Windows.
Cara Installasi Wine di Ubuntu :
Ada beberapa cara installasi Wine di Ubuntu:
[1] Menggunakan Repositori
Ini adalah cara yang agak ribet, tapi cara ini memudahkan kita untuk meng-update suatu saat nanti bila terdapat update. Langkah-langkahnya :
  • Menambahkan Wine Repositori,
  • Buka Software Sources menu dengan buka tab System->Administration->Software Sources. Kemudian pilih Third Party Software tab dan klik Add
ubuntu-ppa winehq
  • Kemudian copy dan paste teks di bawah ini:
    Technorati Tags: ,,
    ppa:ubuntu-wine/ppa
  • Kemudian Add Source –> Close
  • Reload the package information ketika diminta. Jika antum belum menginstall Wine, maka buka Applications –> Add/Remove dan cari Wine, Kemudian Install. Jika Wine sudah terinstall, maka secara otomatis Linux akan mencari update terbaru dan menginformasikan kepada antum update terbaru.
[2] Menggunakan paket Installer (*.deb/*.rpm etc)
Ini adalah cara mengistall program paling mudah di Linux, hanya dengan sekali “click” program sudah otomatis terinstall seperti kita meng-install program di Windows. Di Windows, biasanya program yang akan kita install ber-akhiran (extention) .exe, di Linux paket softwarenya biasanya diakhiri .deb (Debian) atau .rpm (Redhat Packed Manager), untuk penjabaran lebih lanjut mengenai jenis-jenis paket Installasi Linux insyaAlloh pada artikel-artikel selanjutnya akan ana muat di GotoHalal.
Pertama, antum harus mendownload file .deb (untuk Ubuntu dan sejenisnya), biasanya di WineHq sudah menyediakan berbagai macam paketnya. Setelah itu, klik saja paket tersebut, maka linux anda akan terinstall Wine. Namun terkadang, proses installasi dengan sistem paket ini tetap membutuhkan akses internet.
Kekurangan installasi dengan sistem paket ini, bagi pengguna Linux yang masih awam, agak ribet bila ingin meng-update. Saran ana bila antum seorang yang awam di Linux, maka rajin-rajinlah mencari tutorial di internet. InsyaAlloh, banyak manfaatnya.
Program-program seperti : Adobe Photoshop CS2 (9.0) dan Google SketchUp 7.0 berada pada Silver-List Winehq. Banyak lagi program-program yang bisa dijalankan di Winehq. Tertarik mencoba?




0 Response to "Wine Hq - Menjalankan Program Windows di Linux"

Post a Comment