Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Mengenal Backlink dan Manfaatnya dalam SEO


Pengertian Backlink

Backlink adalah link yang mengarah kepada situs web atau blog kita dari situs lain. Dalam istilah lainnya, backlink adalah tautan link yang dapat meningkatkan posisi SERP di Google. Semakin banyak jumlah backlink situs maka akan semakin bagus atau populer di pencarian.

Manfaat Backlink

Backlink merupakan salah satu bagian dari algoritme pencarian  google dan hampir seluruh mesin pencari di jagat internet. Selain lebih mudah digunakan, backlink memberikan sinyal atau petanda bahwa situs atau web itu baik dan banyak dicari atau dijadikan rujukan.

Simpel nya, semakin banyak backlink, maka semakin baik peringkat atau pagerank website atau blog di mesin pencari. Pagerank sendiri sebenarnya tidak hanya tergantung dari backlink, tapi tergantung juga dari berapa banyak situs itu dikunjungi, namun backlink yang banyak akan menjadikan sebuah petanda yang baik bahwa situs itu mempunyai pagerank yang bagus.

Semakin tinggi Pagerank, maka akan semakin baik pula peringkatnya di mesin pencarian. Kalau pada algoritme yang lama, pagerank masih merupakan indikasi utama. Namun kini, google lebih mengutamakan situs yang kaya akan konten berkualitas. Berkualitas tidak selalu panjang lebar, namun memberi informasi menyeluruh tentang apa yang dibutuhkan oleh pengguna yang datang melalui google.

Jenis Backlink

Ada 2 jenis backlinks yang digunakan di internet, yaitu DoFollow backlink dan NoFollow Backlinks. Keduanya diperkenalkan pertama kali oleh bang Matt Cuts dan Jason Shellen

DoFollow Backlinks

Kalau kita memperhatikan  link atau hyperlink yang kita buat, akan ada sintax rel='dofollow' atau biasanya tidak ada atribut syntax nya. Ini artinya, mesin pencari akan mengikuti link dan membuka halaman web atau blog lain yang dituju. Ini adalah link yang bisa meningkatkan Pagerank di mesin pencari. 

NoFollow Backlink

Berbeda dengan DoFollow Backlinks, syntax atau atribut yang digunakan adalah rel='nofollow'. Backlink jenis ini tidak akan meningkatkan Pagerank di mesin pecari.

Tips Cara Mendapatkan Backlink 

Setelah anda mengetahui begitu besarnya manfaat backlink, kini saatnya kita mencari tahu jalan termudah untuk mendapatkan backlink-backlink tersebut. Ada tiga cara sederhana untuk mendapatkan backlink yang nantinya akan berfungsi membuat ranking website anda di mesin pencari menjadi lebih baik.

1. Blogwalking 

Blogwalking itu artinya melakukan kunjungan kepada blog atau situs lain, kemudian meninggalkan komentar. Kenapa ini penting, karena dengan melakukan blog walking, maka silaturahmi antar blogger atau webmaster terjalin sehingga apabila mereka menuliskan artikel bisa jadi akan memberikan backlink ke website atau blog kita. Selain itu dengan memberikan komentar, kita bisa nitip link atau backlink ke website atau blog kita. luar biasa bukan, komen saja gratis backlink. Tapi yang paling penting dari komentar yang kita masukkan ke website atau blog orang lain adalah adanya link aktif ke website atau blog kita.

blogwalking dengan menambah alamat website kita

2. Aktif di Sosial Media 

Yang kedua ini sudah jelas akan menambah backlink. Aktivitas sharing artikel akan menambah backlink ke website atau blog kita. Manfaatkan facebook, twitter atau Google Plus untuk menambah pundi-pundi backlink di website kita.

3. Submit ke Social Bookmark

Social Bookmarking, sperti halnya submit ke facebook, maka secara tidak langsung kita membantu facebook untuk lebih populer dengan artikel kita. Tapi jangan khawatir, karen dengan algoritma Google yang baru, peringkat kita pasti akan perlahan-lahan naik. Hanya di awal saja kita akan merasa seperti dicaplok oleh social bookmark tersebut.

4. Submit ke Web Directory

Hampir sama dengan Social Bookmark, tapi ini khusus untuk website-website tertentu. Kalau dilihat-lihat, ada yang berbayar ada pula yang gratis. Kita submit ke website tersebut karena domain websitenya populer sehingga ada harapan bahwa dengan mendapatkan backlink dari mereka, maka kita akan tertular populer di mesin pencari. Yahoo adalah salah satu web directory yang berbayar. Ada yang gratis di Dmoz.org. silahkan di coba untuk meningkatkan baclink situs atau blog kita.

5. Signature di Forum

Bagi yang sudah sering baca-baca forum tentu tidak asing lagi dengan adanya signature. Siganture adalah bagian dari thread kita yang menerangkan diri kita secara singkat. Dan signature ini akan muncul setiap kita membuat posting atau thread di Forum tersebut. Cara ini cukup praktis, karena cukup dengan sekali pengaturan, kita bisa menambah backlink yang cukup lumayan bila kita aktif di forum tertentu.

6. Buat artikel di Website lain

Beberapa website populer, memberikan kesempatan kepada pada publisher untuk membuat dan menerbitkan artikel di website nya. Ini semacam sosial media berbasis artikel. Sebut saja salah satu start-up asal Indonesia yang sempat masuk nominasi di Google I/O 2016 lalu : Jalantikus.com 
Mereka memberikan kesempatan menulis di website jalantikus.com, sekaligus membolehkan untuk menaruh backlink ke situs penulis. Tentu ini akan menguntungkan kita sebagai penulis atau publisher.

0 Response to "Mengenal Backlink dan Manfaatnya dalam SEO"

Post a Comment