Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Cara Uninstall Android Studio di Ubuntu Linux


Setelah tahu bagaimana cara menginstall Android Studio di Linux, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menguninstall atau me remove program atau aplikasi android studio di Linux.

Android Studio adalah salah satu SDK (Software Development Kit) yang dibuat oleh Google untuk mempermudah para generasi kekinian, untuk menjadi pengembang aplikasi android. Seperti kita ketahui bahwa membuat aplikasi android itu butuh perangkat lunak yang baik dan sesuai dengan kebutuhan developer atau pengembang. Oleh karena itu Google mengembangkan software khusus yang diberi nama Android-Studio.

Mengembangkan aplikasi android itu memang agak-agak susah, karena harus punya modal dasar dahulu sebelum benar-benar menguasai pengembangan aplikasi android. Sebelum adanya android studio, para developer menggunakan aplikasi-aplikasi yang developing software semisal Eclipse, NetBeans dan lain-lain. Namun karena keinginan yang serius dari mbah Google untuk memacu geliat bisnis aplikasi android, maka mbah Google secara khusus membuat Android Studio.

Salah satu alasan kenapa saya membahas bagaimana cara instalasi android-studio di Linux adalah karena Linux adalah Sistem Operasi Halal dan Open Source, semua orang bisa mengembangkannya. Dan kita tidak perlu khawatir tentang Lisensi atau ijin penggunaan.

Nah kalau sudah bosen dengan aplikasi android studio dan ingin mencoba aplikasi pengembangan android lain seperti Eclipse atau Netbean atau yang lain, saya akan bantu dengan mengajarkan bagaimana meng-uninstall Android Studio di Linux Ubuntu.

Cara Uninstall Android Studio di Ubuntu Linux

Perlu diketahui ada dua cara Instalasi Android Studio di Linux ubuntu. Pertama adalah secara manual dan yang kedua secara otomatis atau dengan PPA Repository. Cara Uninstall nya pun beda, kita kupas satu persatu.

#1 Cara Uninstall Jika sebelumnya memakai .deb

Ini digunakan apabila sebelumnya melakukan instalasi dengan paket installer .deb, caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut ini di Terminal :
syaifuddin@ZUHRI-MATE:~/Desktop$ sudo dpkg --remove android-studio

#2 Cara Uninstall Jika sebelumnya memakai perintah apt-get

Ini digunakan bila sobat sebelumnya melakukan instalasi android studio dengan perintah apt-get, ketikkan perintah ini untuk melakukan uninstalasi
syaifuddin@ZUHRI-MATE:~/Desktop$ sudo apt-get remove android-studio

#3 Cara Unisntall Jika sebelumnya pakai cara manual ./studio.sh


Cara ini dilakukan kalau sebelumnya melakukan instalasi sesuai dengan cara menginstall android studio 2 di Linux Ubuntu, kita bisa meremove secara manual atau menggunakan Terminal.
  1. Hapus folder android-studio folder; 
  2. Hapus folder Android SDK biasanya di /home/username dengan nama folder Android
  3. Tekan CTRL + H (Untuk menampilkan folder hidden di /home/username
  4. Hapus .AndroidStudio
  5. Hapus .android; 
  6. Hapus shortcut atau launcher dalam folder /usr/share/applications/android-studio.desktop
Selesai.
Demikianlah Tutorial Cara Meng-Uninstall Android Studio di Linux Ubuntu, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Jangan lupa komen.

0 Response to "Cara Uninstall Android Studio di Ubuntu Linux"

Post a Comment