Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Cara Menginstall Android Studio 2 di Linux Ubuntu


Kali ini saya masih menggunakan bendera Linux, jenis Ubuntu dikemas dalam DE Lubuntu. Ada yang gratis dan halal, kenapa harus memakai yang bajakan dan haram. Saya mengajak teman-teman untuk bertaubat dari hal semacam ini. Bila memang keadaannya darurat boleh memakai bajakan, namun bila tidak alangkah baiknya kita menggunakan yang halal, karena yang halal pun sekarang semakin mudah dipahami.

Baik, di hari yang semakin cerah ini, saya akan membagikan tutorial :

Cara Menginstall Android-Studio 2 di Linux

Android Studio adalah salah satu SDK (Software Development Kit) yang dibuat oleh Google untuk mempermudah para generasi kekinian, untuk menjadi pengembang aplikasi android. Seperti kita ketahui bahwa membuat aplikasi android itu butuh perangkat lunak yang baik dan sesuai dengan kebutuhan developer atau pengembang. Oleh karena itu Google mengembangkan software khusus yang diberi nama Android-Studio.

Mengembangkan aplikasi android itu memang agak-agak susah, karena harus punya modal dasar dahulu sebelum benar-benar menguasai pengembangan aplikasi android. Sebelum adanya android studio, para developer menggunakan aplikasi-aplikasi yang developing software semisal Eclipse, NetBeans dan lain-lain. Namun karena keinginan yang serius dari mbah Google untuk memacu geliat bisnis aplikasi android, maka mbah Google secara khusus membuat Android Studio.

Salah satu alasan kenapa saya membahas bagaimana cara instalasi android-studio di Linux adalah karena Linux adalah Sistem Operasi Halal dan Open Source, semua orang bisa mengembangkannya. Dan kita tidak perlu khawatir tentang Lisensi atau ijin penggunaan.

Dengan adanya Android Studio di dalamnya, maka hasil kerja kita atau aplikasi yang diciptakan akan mendatangkan keberkahan bagi kita. Uang yg dihasilkannya pun halal, dan tidak diragukan lagi. Daripada kebanyakan omong langsung saja saya terangkan kebutuhan untuk instalasi Android-Studio di Linux atau Ubuntu Mate :

#Tahap Persiapan

Kebutuhan minimal untuk menjalankan Android-Studio Linux :
  1. GNOME or KDE desktop 
  2. Tested on Ubuntu® 12.04, Precise Pangolin (64-bit distribution capable of running 32-bit applications) 
  3. 64-bit distribution capable of running 32-bit 
  4. Applications GNU C Library (glibc) 2.11 or later 
  5. 2 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended 2 GB of available disk space minimum, 4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image) 
  6. 1280 x 800 minimum screen resolution Java Development Kit (JDK) 8 
  7. For accelerated emulator: Intel® processor with support for Intel® VT-x, Intel® EM64T (Intel® 64), and Execute Disable (XD) Bit functionality, or AMD processor with support for AMD Virtualization™ (AMD-V™)
Penulis sendiri menggunakan Ubuntu-MATE 16.04 sebagai Linux untuk menjalankan Androi-Studio. Untuk instalasi JDK 8 bisa dilihat pada Cara Menginstall JDK 8 di Linux Ubuntu.
Akses Internet untuk download SDK dan Tools yang dibutuhkan.

#2 Tahap Instalasi :

1. Download dulu paket instalasi Android-Studio untuk Linux di website resmi Android-Studio.
Misalkan file hasil download nya bernama : android-studio-ide-143.2821654-linux.zip
2. Ekstrak File tersebut di Folder /Home. Cara ekstraknya pakai cara biasa saja, open dengan program ekstraktor bawaan Linux. Nanti akan muncul folder dengan nama android-studio
3. Masuk ke dalam folder android-studio/bin
4. Ubah properties file fsnotifier dan studio.sh menjadi Allow Executing file as Program.
Caranya klik kanan pada file yang dimaksud > Properties > Permission > Allow executing file as Program

 5. Setelah itu, buka Terminal, masuk ke folder /Home/android-studio/bin

//-- ketik cd android-studio/bin --//
syaifuddin@ZUHRI-MATE:~$ cd android-studio/bin
//-- Hasilnya akan terlihat seperti ini --//
syaifuddin@ZUHRI-MATE:~/android-studio/bin$ 
//-- Kemudian ketik ./studio.sh untuk melakukan instalasi --//
syaifuddin@ZUHRI-MATE:~/android-studio/bin$ ./studio.sh

Ikuti prosesnya sampai selesai, mudah bukan? Setelah semua selesai akan muncul tampilan seperti berikut :
Selamat, kamu sudah punya android-studio. Beberapa masalah yang mungkin muncul setelah instalasi adalah tidak adanya shortcut atau launcher android-studio di LInux Ubuntu, untuk mengatasi hal tersebut apabila muncul silahkan membaca artikel Cara Membuat Shortcut Launcher Android-studio di Linux Ubuntu

Demikian lah Cara menginstall android studio di Linux Ubuntu. Kalau ada yang ditanyakan silahkan komentar. Pembaca yang baik menginggalkan jejak :)

0 Response to "Cara Menginstall Android Studio 2 di Linux Ubuntu"

Post a Comment