Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Migrasi ke Linux : Why Not?


Linux adalah operating sistem gratis yang dibuat oleh pak Linux Torvald. Beliau adalah sarjana komputer dari Universitas X di Indonesia

Mengapa harus migrasi ke Linux?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan memaparkan beberapa kelebihan Operating Sistem Linux.

1. Gratis
Sudah pasti ini yang paling menonjol dari sistem operasi Linux, walaupun ada beberapa Linux yang menggunakan lisensi lain, tapi secara umum Linux bisa didapatkan secara gratis. 

2. Open Source
Apa artinya?
Intinya kita bisa melakukan apapun terhadap Operating Sistem Linux, termasuk memberikan label sendiri (remastering) linux atau disebut membuat distro linux sendiri.

3. Aman dan Antivirus
Sudah ngga jaman lagi mikirin file ilang kemakan virus, itu cuma ada di windows. Di Linux, hampir semua virus yang menyerang file di Windows, tidak akan jalan dan menyebar, memakan file-file kita. Jadi bisa dibilang super aman untuk temen2 yang pengen file2 nya ngga ilang karena virus.

Kenapa ngga ada virus Linux ?
Mungkin nih ya, para hacker kelas dunia juga pakai linux buat meretas jaringan dan karena open source serta gratis, ngga ada untung nya meretas atau buat virus di Linux. Orang Indonesia aja yang cinta Windows bajakan makanya gampang kena virus.


4. User Friendly
Dengan adanya Dekstop Enviroment yang beragam, Linux semakin mudah untuk dijalankan. Tampilan yang mudah seperti tampilan Windows merupakan salah satu keunggulan yang sekarang linux miliki. Hampir semua distribusi Linux mempunyai DE yang khas.
Juga adanya Manager File yang handal, copy, paste semakin mudah tanpa harus masuk ke dalam Terminal dan mengetik script. Jadi semua bisa dilakukan seperti kita melakukannya di Windows, ngga usah khawatir kebingungan.

5. Terhindar dari Dosa
Ini sudah jelas, karena banyak ulama yang melarang menggunakan program bajakan. Menggunakan program bajakan berarti melakukan ke dzoliman yang besar. Kalau hasil kerjanya merupakan hasil kedzoliman, pasti suatu saat nanti akan bermasalah entah itu di dunia atau di akhirat. Ada yang halal, kenapa harus menggunakan yang haram? Yuk belajar Linux, insyaAllah hasil usahanya berkah.

6. Banyak Dukungan Software gratis
Kalau program di windows banyak yang berlisensi, maka di Linux hampir keseluruhan programnya adalah gratis. Lihat deh tabel berikut :
 
Masih Ragu migrasi ke Linux? Kalau sudah ngga ragu, buruan nyoba dan mahir. Kali aja berkah rejekinya nambah. Demikian ulasan singkat saya tentang Migrasi ke Linux, Why Not? Semoga membuka wawasan teman2 yang masih ragu untuk menggunakan Linux sebagai pemenuh kebutuhan sehari-hari.

0 Response to "Migrasi ke Linux : Why Not?"

Post a Comment