Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Manfaat Blogging



Selamat siang mas-mas ganteng dan mbak-mbak cantik. Semoga sehat selalu. Hari ini adalah hari baru, karena blog ini sekarang dalam menejemen baru dan akan membahas masalah yang banyak berkaitan dengan teknologi blogging, aplikasi, internet dan software.

Sejarah Blogging

Tentu mas dan mbak yang disini sudah mengerti kan pengertian dari blogging.

Jadi pada zaman dahulu, saat semua belum ada yang namanya blog, orang hanya mendapat informasi dari dunia TV dan koran. Namun sekarang, informasi yang paling bermanfaat justru datangnya dari blog. Istilah blog sendiri merupakan singkatan dari web-log. Kalau lihat dari histori-nya sih blog itu sebenarnya sudah ada sejak zaman bahula, sekitar tahun 90-an. Awalnya sih berupa jurnal antar komunitas gitu deh, tapi seiring dengan perkembangan zaman, maka berkembanglah istilah weblog atau blog yang kita kenal sekarang ini.

Mulai populer sih gara-garanya ada internet, trus sekitar tahun 90-an itu muncul istilah thread  yang sampai sekarang kita gunakan untuk istilah di grup atau forum diskusi macam kaskus, forum indowebster dan lain sebagainya. Hanya digunakan oleh para jurnalist, publisher, konglomerat media informasi dan lain-lain. Kemudian weblog berevolusi lagi menjadi online diary, mulai saat itulah orang-orang pada semacam menemukan passion  terhadap internet. Ingin dikenal, ingin diperhatikan, ada juga yang ingin menuangkan pemikirannya dalam sebuah blog, yang bisa dibaca oleh orang lain di seluruh penjuru dunia.

Bicara soal platform blogging, ternyata ada banyak sekali, mulai dari ini yang saya gunakan ini atawa Blogspot. Blogspot sendiri merupakan salah satu perusahaan yang berhasil mempopulerkan istilah blog, namun sayang sekali perusahaan buatan PyraLabs ini akhirnya tumbang dan diambil alih oleh Google pada tahun 2002. Sebenarnya mungkin akan lebih seru kalau PyraLabs bisa mempertahankan keadaan dan tidak diakusisi oleh Google sih.

Ada lagi platform CMS blogging yang sangat mendunia, apa lagi kalau buka Wordpress. Penggunaan dua suku kata "Word" dan "Press" langsung akan mengingatkan kita pada zaman bahula, word mean kata dan press mean kerjaannya wartawan. Jadi Wordpress sebenarnya kata wartawan :) Sori ngga nyambung.
Wordpress lebih populer, karena banyak sekali kelebihannya, mulai dari banyaknya plugin, themes dan dukungan komunitas online yang tidak bisa dianggap enteng. Danlagi Wordpress merupakan CMS (Content Managemen System) yang bisa berdiri sendiri sebagai platform pada hosting internet, penggunaan Wordpress sangat luas.

Sebenarnya ada banyak sih platform Blogging, tapi kita bahas kalau ada waktu ya. Fokus ke Blogging Indonesia.
Kalau di Indonesia banyak juga sih tempat untuk blogging selain dari luar negeri. Sebut saja : Kompasiana. Kompasiana merupakan platform blogging yang cukup banyak penggunanya di Indonesia, walaupun tidak sefleksibel Blogspot. Dulunya mungkin untuk menarik perhatian massa, diadakan lomba menulis berhadiah, tapi lama kelamaan hadiahnya tidak ada karena sudah populer. Kompasiana sendiri merupakan media yang penamaannya mirip dengan salah satu surat kabar di Indonesia. Istilahnya menjadi akrab dan lebih mudah di ingat ketika dihubungkan dengan Harian Kompas. Entah ada hubungan apa mereka.

Manfaat Blogging bukan Jogging

Menyehatkan Badan
Ternyata banyak sekali manfaat yang didapatkan dari blogging, salah satunya adalah menyehatkan badan. Ngga percaya?
Dengan Blogging, kita bisa mencurahkan isi pikiran kita sehingga pikiran kita tidak terbebani. Orang yang menulis blog lebih merasa tenang, sehingga dari aspek psikis dia akan lebih baik dari orang yang tidak melakukan blogging (masuk akal kan)

Memintarkan Otak
Blogging ternyata juga bermanfaat untuk otak kita lho. Kalau mau menulis kan pakai otak, dan menyampaikan informasi ke orang lain itu cukup sulit, mikir bagaimana orang lain bisa menangkap apa yang saya sampaikan dan tidak salah tafsir. Dulu saya tidak bisa menuangkan ide dalam bentuk tulisan walaupun ide itu sudah banyak sekali di kepala. Namun dengan sedikit-sedikit belajar menulis via media blogging, akhirnya sekarang bisa walaupun kadang ide pokok antar kalimat dan paragraf agak tidak singkron

Memperpanjang Umur
Saya ingat salah satu hadits Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wasallam, 

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi]. (cited 23/05/2016 Almanhaj)

Blogging akan menambah teman. Pasti semua pada setuju to?
Nambah teman artinya nyambung silaturahmi, dan sesuai dengan Hadits di atas insyaAllah akan dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya. Aamiin

Tapi ada juga lho Blogger yang ngeblog bukan untuk nambah teman, tapi nambah musuh?
Ada yang tau ngga blogger apa itu? :)

Blogger Gamer, biasanya ujung-ujungnya kalau ngeblog : "Yuk tanding lawan aku"
Itu nyari musuh, tapi musuh dalam game saja.

Dilapangkan Rizkinya

Ada seorang penulis yang akhirnya terkenal karena dia dikontrak oleh sebuah perusahaan kenamaan untuk menulis sebuah artikel tentang produk-nya di blog miliknya dan kemudian dia mendapatkan imbalan yang banyak.

Ada juga sambil blogging dia jualan produk, akhirnya banyak yang lihat dan beli.

Ada juga yang akhirnya memasang iklan di blog-nya, akhirnya dia dapat uang dari blognya tersebut.

Demikianlah tulisan dari saya, ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Kalau ada yang mau nambahin silahkan tinggalkan komen. Pembaca yang baik yang ngasih komen lho mas/mbak :) Matur nuwun sudah berkunjung

0 Response to "Manfaat Blogging"

Post a Comment