Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Wordpress : FTP credentials to install plugins


Alhamdulillah bisa berbagi tutorial lagi. Kali ini saya akan sharing tutorial blogging di Platform Wordpress. Mungkin salah satu dari kita pernah mengalaminya.

"FTP credentials to install plugins"

Saat install plugin di wordpress self-hosted tiba-tiba gagal lalu ada tulisan seperti di atas. Biasanya sih, problem ini terjadi akibat kita menginstall ulang (re-installing) CMS wordpress di self-hosting kita.

Masalahnya dimana?

Masalahnya adalah saat instalasi otomatis wordpress, entah itu pakai fantastico atau softaculous atau yang lain, setting akses login ke server database salah. Karena kesalahan tersebut, maka wordoress tidak bisa mengakses file-file di server secara langsung sehingga timbul kesalahan seperti yang disebutkan di atas. Biasanya kesalahan ini disebabkankan oleh server PHP yang berjalan salah memberikan autentifikasi sebagai apahe user, bukan sebagai user wordpress kita sendiri. Kok bisa begitu nya? Ya namanya juga sistem komputer.

Lalu bagaimana cara menyelesaikan nya :

Cara menyelesaikannya tentu saja memberi-tahu cara komunikasi ke server kepada wordpress.  Mengganti user, password dan host di settingan wordpress.

Bisa menggunakan software FTP atau menggunakan program bawaan dari server hosting, edit file wp-config.php. Ganti settingan ini sesuai dengan Settingan wordpress kamu.

define( 'FTP_USER', 'username' );
define( 'FTP_PASS', 'password' );
define( 'FTP_HOST', 'ftp.example.org:21' );

FTP_user = username database wordpress kamu
FTP_pass = password password database wordpress kamu 
FTP_host = alamat website kamu

Singkat dan jelas, semoga dapat membantu masalah FTP credentials to install plugins kamu. Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komen dibawah.

0 Response to "Wordpress : FTP credentials to install plugins"

Post a Comment