Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Cara mengganti Domain Blogspot dengan Domain sendiri


Tutorial ini terisnpirasi dari artikelnya mas sugeng, mengenai cara mengubah domain blogspot ke domain sendiri. Mulanya saya tidak tertarik untuk menulis artikel ini, karena saya tidak berfikir akan mengubah domain syaizu.blogspot.com ini ke domain pribadi. Selain domain ini gratis, juga karena teman2 sudah akrab dengan domain ini.

Keuntungan domain sendiri

Banyak sekali yang bisa didapat dari domain sendiri. Akan saya coba terangkan satu-satu.

#1 Domain sendiri merupakan hak intelektual seseorang web/bloger.

Domain ada hak intelektual seseorang, hal ini dibuktikan dengan harga jual domain yang mahal. Semakin domain itu bagus dan mudah diingat orang, maka domain tersebut mempunyai nilai jual intelektual yang tinggi.

#2 Tidak khawatir kehilangan trafik apabila pindah ke self-hosting.

Apabila kita punya blog dengan domain luar, maka ketika blog kita dihapus atau kita memutuskan untuk move ke hosting blogging lain, kita akan tetap bisa menggunakan nama domain yang sama tanpa kita harus kehilangan trafik secara signifikan.

#3 Lebih mudah di asese atau ACC oleh program periklanan online, contohnya GA atau Google Adsense. TDL memiliki hati tersendiri di GA.

#4 Lebih Google Friendly dan search engine lain friendly atau SEO Friendly

Ini sudah sangat jelas, tapi agaknya kurang berlaku dengan blogspot, hosting gratis kepunyaan sendiri tentu akan di anak emaskan oleh Google. Tapi tergantung pengelolanya juga sih.

#5 Lebih mudah di ingat, karenanya singkat dan jelas

Bayangin aja kalau kita harus menyebut blog kita dengan nama panjang, misal nih petugaskesehatanhaji.blogspot.com Kebayang ngga sih repotnya. Kalau pakai domain sendiri kan mudah, misal nih http://kesehatanhaji.com Yang ini jelas mudah diingat karena lebih singkat dan jelas to?

#6 Merupakan Merk di Dumay (Dunia Maya) untuk pemilik blog

Merk adalah sesuatu yang memberikan pengenalan terhadap seseorang atau suatu produk. Misalnya nih saya sebut facebook, maka orang akan langsung tahu yg dimaksud adalah domain atau url atau sosial media di internet dengan alamat di http://facebook.com
Misalnya lagi nih, Tokopedia atau lain lagi Bukalapak, MatahariMall itu semua adalah merek yang menjadikan kekhasan bagi yang mempunyainya. Orang langsung kenal ketika mendengar kata tersebut. Begitu juga domain. Ketika orang menyebut syaizu dot net, maka yang dimaksud adalah blog ini.

#7 Terlihat Lebih Profesional

Citra blog sebagai mainan remaja sepertinya masih melekat di kalangan para penjelajah jaringan internet ini. Walaupun sekarang sudah banyak profesional yang menggunakan blog sebagai sarana untuk menuangkan ide-ide profesionalnya.
Istilah Blog sendiri memang tidak bisa disandingkan dengan website dan blog itu terkesan lebih anak-anak atau childish atau lebih khusus ke penggunaan personal. Sedang website terdengar lebih profesional. Sebenarnya yang membedakan website dan blog hanya pada domain nya. Kalau Website biasanya menggunakan TDL, sedang blogspot menggunakan subdomain. Mindset ini sekarang harus diubah, blogspot pun sekarang bisa tampil lebih profesional apabila dipasang template yang bagus dan dikelola dengan cara yang bagus pula.
Sudah tahu kan keuntungan punya domain sendiri. Nah sekarang saatnya untuk melakukan praktek langsung. Kali ini saya akan mengganti domain syaizu.blogspot.com menjadi syaizu.net

Tahap Persiapan Mengganti Domain Blogspot

Langkah #1 Membeli domain sendiri

Terserah mau membeli domain dimana
Pic...

Tahap Setting

Login atau masuk ke akun blogger
Pilih blog yang akan diubah domain nya
Masuk ke menu Setting
Masukkan domain yang sudah kita beli
Tahap Akhir

1 Response to "Cara mengganti Domain Blogspot dengan Domain sendiri"