Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Mengenal Admob : Iklan di Aplikasi Android


Pasti teman-teman pernah menginstall aplikasi android. Kalau kita perhatikan, hampir setiap aplikasi yang kita install mengeluarkan iklan. Dari manakah iklan tersebut?
Tentu saja dari Admob. Menurut wikipedia AdMob adalah perusahaan iklan mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui pada tahun 2006 berbasis di San Mateo, California. Pada bulan November 2009 perusahaan AdMob diakusisi oleh Google dengan mahar $750 juta, nilai yang lumayan besar untuk suatu perusahaan periklanan. Perusahaan ini sempat dilirik oleh Apple Inc, namun akhirnya Apple membuat iklan mereka sendiri dengan mengeluarkan produk iAd. 

Saat ini, AdMob adalah salah satu platform periklanan mobile terbesar di dunia, dengan klaim telah melayani lebih dari 40 miliar banner mobile dan iklan teks perbulan di situs web mobile dan aplikasi handset. Ini akan terus meningkat mengingat animo masyarakat dunia yang semakin akrab dengan perangkat-perangkat mobile.



Sebelumnya Google telah mempunyai produk iklan dengan nama Adsense. Adsense adalah perusahaan periklanan juga milik Google yang mempunyai konsentrasi di bidang publishing iklan di website atau blog. Dengan mengakusisi AdMob, maka lengkap sudah dominasi Google di bidang periklanan. Semakin besar dan semakin tidak ada yang mampu mengalahkannya.


Saat ini Admob sudah bisa digunakan di beberapa SDK atau Software Development Kit, diantaranya Android, iOS, dan SDK untuk game Unity dan Cocos.

Beberapa developer game dan aplikasi asal Indonesia telah meraup keuntungan yang banyak dengan kerjasama dengan AdMob. Syarat untuk bisa bergabung di AdMob tidak sesulit Mendaftar di Adsense, oleh karena itulah saya sebut ini sebagai suatu peluang yang masih belum banyak tergarap oleh teman-teman pengangguran di Indonesia.

Nah bagi teman-teman yang memang berminat untuk menjadi salah satu pengembang aplikasi berbasis android simak terus tutorial di blog ini ya, insyaAllah kita akab belajar bareng-bareng.
Jadi kenapa kita tidak mengambil kesempatan ini untuk bekerja sama dengan AdMob.

1 Response to "Mengenal Admob : Iklan di Aplikasi Android"