Dilarang mempublikasikan ulang konten artikel dalam blog ini tanpa izin dan penulis

Panduan Migrasi Blogspot ke Wordpress



Blogging dengan menggunakan Wordpress Self-hosting memang ada kelebihan dan kerugiannya. Salah satu keuntungannya adalah kita bisa secara bebas dan leluasa memodifikasi blog wordpress yang kita buat. Tapi sebagai gantinya, kita harus merogoh kocek untuk membeli hosting dan domain sendiri.
Kali ini, saya akan memberikan panduan singkat, migrasi Blogspot ke Wordpress secara lengkap dan mudah.
Tahap Persiapan
#1 Pastikan Blog dalam keadaan full publish, tidak ada artikel yang dalam keadaan draft. 
Hal ini untuk mencegah wordpress salah mendeteksi tanggal terbit atau dibuatnya artikel. Kadang kita sudah pernah mempublish tapi kemudian kita menjadikan draft dulu agar bisa kita edit suatu saat nanti. Ini terjadi pada saya, saat mengalihkan blog saya yang lama ke wordpress (kesehatanhaji.com).

#2 Pastikan pula permalinks pada blogspot sudah sesuai dengan judul artikel.
Kadang kalau terlalu panjang, blogspot hanya mengambil empat atau lima kata saja sebagai permalinks, ini akan menjadi masalah saat migrasi ke wordpress. Hal ini terjadi karena url atau permalinks yang diimport ke wordpress akan diubah atau ditulis ulang sesuai dengan judul artikel, bukan sesuai dengan permalinks blogspot. Cara memastikannya adalah dengan melihat permalinks di sebelah kanan editor blogspot saat kita mengedit artikel.

Pengaturan permalinks blogspot untuk persiapan migrasi ke wordpress


#3 Matikan Mode Mobile
Mematikan mode mobile ini akan mempermudah proses pengalihan. Blogspot sendiri merupakan blog yang memberikan fasilitas mode tampilan mobile dengan menambahkan ekstensi ?m=1 atau ?m=0. Hal ini akan mempermudah kita memodifikasi url blog agar tidak salah mengeksekusi perintah.
Mematikan mode ini akan mempermudah kita menerima link dari sumber yang sudah pernah kita sharing disana, misalnya Facebook, Google Plus dll. 
Caranya : Login ke Blogger > Masuk ke Dashboard Blog > Masuk ke Template > Setting Mobile 
Mematikan Mode Mobile Persiapan Migrasi Blogspot ke Wordpress


#4 Persiapan dari sisi Wordpress sendiri yaitu mengubah struktur permalinks wordpress menjadi struktur permalinks yang sama dengan blogspot.
Nah karena permalinks nya berubah maka kita kudu alias wajib untuk mengubah robot.txt nya wordpress. Sebenarnya pengubahan ini bisa otomatis dilakukan oleh CMS Wordpress, tapi biasanya terkendala oleh permision file. Cara mengubah robot.txt Wordpress

Tahap Eksekusi
#5 Dari sisi blogspot, kita perlu mengimport seluruh isi blogspot kedalam file berbentuk xml.

Caranya : Login ke Blogger > Masuk ke Dashboard Blog > Masuk ke Setting > Other > Backup Content > Save to Your Computer
Nanti kita akan mendapatkan file dengan ekstensi atau akhiran dot xml (*.xml). File inilah yang nanti akan kita gunakan pada tahap selanjutnya.


#6 Dari sisi wordpress kita perlu menginstall plugin Blogspot atau Blogger Importer.
Plugin ini biasanya sudah sertakan dalam paket wordpress self-hosted, kita tinggal mendownload saja.

#7 Selanjutnya kita eksekusi.
Upload file xml yang kita peroleh dari blogspot ke wordpress.
Tunggu sampai semua proses selesai.

Tahap finishing

#8 Tahap melakukan redirecting atau pengalihkan blogspot ke wordpress.
Cara membuat sistem pengalihan ini cukup mudah, paling enggak kita bisa baca di cara mengalihkan blogspot ke wordpress. Kita juga bisa menambahkan timer biar lebih bagus. Kalau masih gagal-gagal terus, kita bisa baca solusi gagal mengalihkan blogspot ke domain lain

#9 Setelah semua sistem pengalihan terpasang dan tidak terjadi error, selanjutnya temen2 juga harus secara manual memeriksa artikel2 yang ada di blog wordpress, apakah ada link yang rusak, ada yang salah jalan atau tersesat dan lain sebagainya.
 
Kurang lebih seperti itulah Pedoman Panduan Migrasi dari blogspot ke wordpress self-hosting. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah khasanah pengetahuan per-blog-kan teman-teman. Terima kasih untuk blog2 penginspirasi yang tidak bisa saya sebutkan semua disini. Akhirnya apabila ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima Kasih

0 Response to "Panduan Migrasi Blogspot ke Wordpress"

Post a Comment